Pekanbaru, 16 April 2022

PKBI Daerah Riau melaksanakan kegiatan Kick Off Meeting Program Pencegahan Stunting Melalui Mobilisasi Posyandu di Kabupeten Kampar, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak. Kegiatan yang dilaksanakan secara during ini diikuti sebanyak 124 Orang Peserta yang berunsur dari PT Pertamina Hulu Rokan, BKKBN Pusat, BKKBN Riau, Dinkes Prov. Riau, Dinkes Kab/Kota se-Provinsi Riau, IDAI Riau, BAPPEDA Prov. Riau, Bappedalitbang Kab/Kota se-Provinsi Riau DP3AP2KB Prov. Riau, TP PKK Prov Riau, TP PKK Kab/Kota se-Provinsi Riau,  IBI Prov.Riau, IDAI Prov Riau, OPD KB Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana Kab/Kota se-Provinsi Riau, Camat dan Lurah Kab/Kota se-Provinsi Riau, Bidan dan Kader Posyandu Kab/Kota se-Provinsi Riau.

Kegiatan ini disambut oleh VP Coorporate Affairs PT. Pertamina Hulu Rokan Bapak Sukamto Tamrin. Beliau menyampaikan bahwa program yang dijalankan sejalan dengan program pemerintah yang dimana program yang akan dijalankan sesuai dengan lokus stunting yang ada di Riau. Bapak Sukamto Tamrin juga menambahkan bahwa Peningkatan Kesehatan masyarakat tentu nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pula.

Selanjutnya Bapak Drs. Khairunnas yang merupakan Ketua Pengurus Daerah PKBI Riau, pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survey Status Gizi Balita pada tahun 2021 sebesar 24,4% dan angka ini masih diatas angka standar yang ditetapkan oleh WHO yaitu 20%. Untuk Provinsi Riau sebesar 22,1 angka ini juga masih diatas standar yang ditetapkan oleh WHO.

Kunci dalam penanganan stunting adalah konvergensi berbagai program yang terkait dengan penurunan stunting dan memastikan program-program intervensi dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan secara optimal sehingga berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting. Dalam konteks konvergensi pencegahan stunting ini Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau yang terfokus pada pengorganisasian masyarakat mendapatkan dukungan pendanaan dari PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalui Program Pencegahan Stunting Melalui Aktivasi Posyandu Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Kandis  Kabupaten Siak pada Bulan September 2021 s.d Desember 2022. Selanjutnya program ini didukung kembali oleh PT. Pertamina Hulu Rokan untuk periode Maret 2022 s.d Februari 2023 dalam program Program Pencegahan Stunting Di Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis Dan Kabupaten Siak Melalui Mobilisasi  Posyandu.  

Dalam kegiatan Kick Off Meeting ini dihadiri oleh 4 narasumber yakni dari BKKBN RI Ibu Dr. Irma Ardiana, M. APS, Dinas Kesehatan Provinsi Riau Bapak H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes, IDAI Riau oleh Ibu dr. Dian Dwi Sary Mustika Febriany, Sp. Sp. A(K) dan PKBI Daerah Riau Ibu Kuntum Khaira, SP.

Pada kesempatan ini ketiga narasumber memberikan closing statement mulai dari IDAI Riau oleh Ibu dr. Dian Dwi Sary Mustika Febriany, Sp. Sp. A(K) menyampaikan bahwa stunting itu bukan masalah dokter, nutrisi tapi masalah kita Bersama. Tidak bisa diselesaikan hanya dengan posyandu, pmt, dan bidan desa. Stunting itu tugas kita Bersama termasuk perbaikan jalan, sanistasi, dan edukasi yang mendukung secara tidak langsung pada program stunting. Dilanjutkan dengan closing statement dari PKBI Daerah Riau Ibu Kuntum Khaira, SP mengatakan bahwa cegah stunting itu penting, namun gotong royong pencegahan stunting itu juga merupakan hal penting. Terakhir closing statement dari BKKBN RI Ibu Dr. Irma Ardiana, M. APS yaitu urusan stunting tidak bisa diselesaikan sendiri, pemerintah sudah menggaungkan bahwa betapa besar peran dari mitra-mitra yang ada diluar sana diluar sana.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×