[Siak, 3-4 Juni 2022]

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau melaksanakan peningkatan kapasitas kader pada program pencegahan stunting melalui mobilisasi posyandu Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak bertempat di di Aula Kantor Camat Kandis. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 23 peserta yang terdiri atas kader-kader posyandu, bidan desa, dan tim pendamping keluarga kec. kandis. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini meningkatkan kapasitas kader dalam mendukung pelaksanaan program pencegahan stunting melalui mobilisasi posyandu di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Kegiatan diawali Sambutan oleh Bapak Anthonny Adiputra selaku Direktur Eksekutif Daerah PKBI Riau, dilanjutkan sambutan oleh Bapak Said Irwan selaku Camat Kandis dan juga arahan dari Bapak dr. Iin selaku Kepala Puskesmas Kandis. Dalam acara pembukaan ini diberikan penyerahan bantuan peralatan posyandu sebanyak 16 paket untuk 16 posyandu. Selanjutnya Kader membuat komitmen kesepakatan pelatihan yang dipandu oleh Fasilitator PKBI Riau. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program pencegahan stunting, informasi dasar stunting, peran kader dalam penanganan stunting, teknik public speaking disampaikan oleh Tim PKBI Riau. Dalam kegiatan ini juga pemaparan pengenalan pengukuran dan simulasi pengukuran dipaparkan oleh Ibu Rama Shinta Sinaga selaku pemegang program gizi Puskesmas Kandis.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Hari kedua diawali dengan review materi hari pertama oleh kader dipandu oleh Tim PKBI Riau. Selanjutnya paparan pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk mencegah stunting oleh Ibu Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. Kemudian paparan tatalaksana program dan Rencana Tindak Lanjut oleh Tim PKBI Riau. Kegiatan ditutup dengan foto bersama.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×